Title Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai Siswa kelas XII SMAN Titian Teras HAS Jambi
Edition
Call Number 371.3 Eri p
ISBN/ISSN
Author(s) Nirma Erika - Personal Name
Subject(s)
Classification 371.3
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Erika, Nirma 2020. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Esai Siswa Kelas XII
SMAN TT HAS. Megister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Pembimbing :
(1) Dr. Herman Budiyono, M.Pd (2) Dr. Yelia, M.Pd.

Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran menulis, esai

Dalam pembelajaran bahasa menulis adalah pembelajaran yang
membutuhkan keterampilan. Menulis merupakan salah satu keterampilan
bahasa yang sulit dikuasai oleh siswa, sehingga diperlukan model
pembelajaran yang tidak hanya mengajarkan konsep-konsep bahasa, tetapi
juga dapat mengasah kemampuan berpikir siswa dengan menyajikan berbagai
fenomena dalam kehidupan nyata manusia yang dapat dijadikan topik
bahasan atau masalah. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui penerapan
model pembelajaran berbasis masalah di Kelas XII SMAN TT HAS Jambi
untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis esai.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian
yang dipilih adalah kelas XII IPA 3, SMAN TT HAS Jambi dengan jumlah
siswa sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar observasi, dan tes menulis esai. Selanjutnya analisis data
kualitas proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilakukan
dengan alur reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan simpulan,
sedangkan data kualitas hasil menulis esai dianalisis dengan menggunakan
rumus rata-rata. Hasil penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu
kualitas proses dan hasil. Kualitas proses pada siklus I masih kurang baik, hal
tersebut ditandai dengan aktivitas, respon siswa, keseriusan, keantusiasan
kerjasama, dan keberanian siswa masih rendah. Sedangkan kualitas proses
pada siklus ke II sudah baik, hal tersebut ditandai dengan aktivitas, respon
siswa, keseriusan, keantusiasan kerjasama, dan keberanian siswa meningkat
menjadi tinggi. Demikian juga untuk data kualitas hasil yang menunjukkan
adanya peningkatan rata-rata dari 64,62 pada siklus I menjadi 77,74 pada
siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan
kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis esai siswa kelas XII SMAN
TT HAS Jambi. Sesuai dengan simpulan, peneliti menyarankan kepada Guru
Bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
pada pembelajaran menulis esai, karena model pembelajaran berbasis
masalah terbukti dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran menulis, esai
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous