Title Hubungan Persepsi Siswa- Siswi Sekolah Dasar Negeri dan Kondisi Sosial Ekonomi Dengan Perilaku Kekerasan Oleh Orang Tua Di Kota Jambi
Edition
Call Number 658.3 Har h
ISBN/ISSN
Author(s) IIS HARTINI - Personal Name
Subject(s)
Classification 658.3
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes Hubungan Persepsi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Negeri Dan Kondisi Sosial
Ekonomi Dengan Perilaku Kekerasan Oleh Orang Tua Di Kota Jambi

IIS HARTINI
Program Studi Pascasarjana
Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan
Universitas Jambi

Abstrak

Kekerasan terhadap anak senantiasa berulang terus terjadi sepanjang kehidupan manusia. Di
Indonesia angka-angka kekerasan terhadap anak kecenderungannya selalu meningkat, baik
dalam hal kuantitas maupun kualitas. Sedangkan di Provinsi Jambi, perilaku kekerasan
terhadap anak tergolong cukup tinggi yaitu mencapai 72 anak setiap tahun.
Studi dilakukan di SDN 47, SDN 69, dan SDN 208 Kota Jambi dengan populasi siswa siswi
kelas 6 dengan sampel 90 orang. Variabel yang diteliti adalah jenis kekerasan yang di alami
oleh anak, persepsi anak terhadap kekerasan dan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi
terjadinya kekerasan pada anak. Aspek kekerasan pada anak yang diteliti adalah kekerasan
fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan seksual. Penelitian ini dilakukan dengan metode
deskriptik analitik, di analisis secara kuantitatif yang dilakukan dengan analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial yang menggunakan korelasi chi square dengan jenis data
kategorikal.
Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa kekerasan psikis (22%) yang paling banyak
dialami oleh siswa-siswi tersebut. Untuk aspek persepsi anak terhadap kekerasan dapat
disimpulkan siswa-siswi tersebut memahami tentang kekerasan pada anak dan tidak setuju
terhadap kekerasan pada anak. Sedangkan variabel sosial ekonomi yang memiliki hubungan
signifikan dengan perilaku kekerasan, yaitu pendidikan ibu dan usia ibu dimana nilai
probabilitas menunjukkan nilai yang kurang dari 0,05 yaitu 0,027 dan 0,041. Dengan
demikian artinya bahwa pendidikan ibu dan usia ibu memiliki keterkaitan dengan perilaku
kekerasan pada anak.
Kata kunci: anak, kekerasan, siswa-siswi, persepsi, sosial ekonomi


Abstract

Violence against children continues to occur throughout human life. In Indonesia, the number
of violence against children tends to increase, both in terms of quantity and quality.
Meanwhile, in Jambi Province, the behavior of violence against children was quite high,
reaching 72 children each year.
This study is conducted at SDN 47, SDN 69, and SDN 208 Jambi City with a population of
6th grade students with a sample of 90 people. The variables studied consists the types of
violence experienced by children, children's perceptions of violence and socio-economic
factors that influence the occurrence of violence against children. The aspects of violence
against children studied were physical violence, psychological violence, and sexual violence.
The aspects of perception are consists of cognition, affection and conation. This research was
conducted using descriptive analytical method, in quantitative analysis carried out by
descriptive statistical analysis and inferential statistics using chi square correlation with
categorical data types.
The results of this study concluded that psychological violence (22%) was mostly
experienced by these students. Aspect of children's perceptions of violence can be concluded
that these students understand about violence against children and do not agree with violence
against children. The socio-economic variables that have a significant relationship with
violent behavior are maternal education (0,027) and maternal age (0,041) where the
probability value shows a value less than 0.05. It means that maternal education and maternal
age are related to violent behavior in children.
Key word : children, violence, students, perception, socio-economic
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous