Title Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Siswa Secara Daring Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Kimia Tingkat SMA/SMK di Kota Jambi
Edition
Call Number 371.3 Kus p
ISBN/ISSN
Author(s) Kusmawati - Personal Name
Subject(s)
Classification 371.3
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Kusmawati. 2020 Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Siswa Secara Daring Berbasis Google form Pada Mata Pelajaran Kimia Tingkat SMA/SMK di Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Ngatijo, M.Si (II) Prof. Drs, Damris M. M.Sc, P.hD.

Kata Kunci: motivasi belajar

Salah satu penyebab hasil belajar yang tidak optimal adalah guru tidak mengetahui keadaan motivasi siswa di rumah sehingga guru belum mampu memberikan metode tugas yang tepat untuk siswanya. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi kimia. Padahal bila pada metode Luring (Luar Jaringan) akan terlihat jelas kondisi keadaan siswa dengan tingkat motivasinya. diketahui bahwa motivasi belajar dapat membantu siswa meningkatkan hasil dan aktivitas belajar namun pelaksanaannya saat Covid 19 melanda guru tidak mengetahui keadaan motivasi belajar siswa maka peneliti tertarik untuk mengangkatnya ke dalam sebuah penelitian.
Penelitian bertujuan untuk 1. Untuk pengembangan instrumen penilaian motivasi belajar siswa secara daring berbasis google form. 2. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penilaian motivasi belajar siswa secara daring berbasis google form.
Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini yaitu untuk mengembang non tes motivasi secara tertulis berbasis online menggunakan google form, penelitian ini termasuk bagian dari metode penelitian dan pengembangan atau disebut dengan metode R&D (Research and Development). Dengan melalui tahapan potensi masalah, pengumpulan data, disain produk, validasi produk, revisi disain, uji coba produk, revisi produk dan pembuatan produk secara masal.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pengembangan non tes tertulis motivasi belajar menggunakan google form yang di kembangkan dengan memperhatikan kisi yang sesuai dengan indikator motivasi belajar. Dari hasil pengembangan tersebut Telah menghasilkan produk non test berbasis google form yang terdiri dari 28 item pernyataan yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi dan rendahnya motivasi belajar siswa.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous