Title Evaluasi Perencanaan Anggaran dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Penyerapan Anggaran dengan Komitmen Manajemen sebagai Pemoderasi pada Satuan Kerja Kementerian Agama RI di kota Jambi
Edition
Call Number 658.154 Rah e
ISBN/ISSN
Author(s) Rahmawati - Personal Name
Subject(s)
Classification 658.154
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

RAHMAWATI. Evaluasi Perencanaan Anggaran dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Penyerapan Anggaran dengan Komitmen Manajemen sebagai Pemoderasi pada Satuan Kerja Kementerian Agama RI Di Kota Jambi (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E, MS dan Dr. H. Junaidi, S.E, M.Si).

Penelitian ini bertujuan mengetahui evaluasi perencanaan anggaran dankompetensi sumber daya manusia terhadap penyerapan anggaran, baik secaralangsung maupun melalui komitmen manajemen sebagai variabel moderasi pada Satuan Kerja Kementerian Agama RI Di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer. Sampel sebanyak 75 responden. Responden tersebut merupakan aparat yang terlibat langsung dalam pengelolaan keuangan/anggaran, yaitu; Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Penandatangan SPM, Bendahara Pengeluaran dan Staf Pengelola Keuangan pada masing-masing Unit Kerja sebanyak 25 unit kerja Kementerian Agama RI Di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis multiple regression (regresi berganda) dan moderated regression analysis (MRA) dengan alat bantu statistical package for the social sciences (SPSS).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan Anggaran dan Kompetensi Sumber Daya Manusia secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Penyerapan Anggaran selalu tinggi di akhir tahun. Terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial faktor perencanaan anggaran terhadap penyerapan anggaran. Terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial kompetensi sumber daya manusia (SDM) terhadap penyerapan anggaran. Komitmen Manajemen memoderasi pengaruh antara perencanaan anggaran dengan penyerapan anggaran. Komitmen Manajemen memoderasi pengaruh antara kompetensi sumber daya manusia dengan penyerapan anggaran.

Kata Kunci: perencanaan anggaran, kompetensi SDM, penyerapan anggaran,komitmen manajemen
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous