Title Diagnosis Miskonsepsi Siswa MAN Insan Cendekia Jambi Pada Materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis
Edition
Call Number 371.8 Yen d
ISBN/ISSN
Author(s) Yenti, O.S - Personal Name
Subject(s)
Classification 371.8
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Yenti, O.S 2020. Diagnosis Miskonsepsi Siswa MAN Insan Cendekia Jambi Pada Materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis : Tesis, Program Studi Magister Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs.Maison, M.Si., Ph.D, Pembimbing II: Dr.Syaiful, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi yang dialami oleh siswa MAN Insan Cendekia Jambi pada materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis.Penelitian merupakan penelitian deskripsi kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI MIA MAN Insan Cendekia Jambi menggunakan instrumen berupa tes diagnostik berformat Four-tier. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa pada materi Fluida Statis dan Fluida Dinamis digolongkan dalam kategori rendah karena jumlah persentase jawaban benar untuk semua tingkat yang diperoleh sebesar 12,4% dan persentase miskonsepsi siswa untuk semua tingkat yaitu sebesar 2,0%. Selain miskonsepsi,masih ada sebagian siswa yang termasuk kategori Lack of Knowledge yaitu sebesar 8,67% termasuk juga Fase Positif sebesar 43,20% dan False Negatif sebesar 40,27%. Hal ini bisa terjadi karena siswa memang tidak paham,konsep atau bisa juga dikarenakan siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan, meskipun materi tersebut sudah dipelajari siswa MAN Insan Cendekia Jambi sebelumnya.

Kata Kunci : Miskonsepsi ; Fluida Statis dan Fluida Dinamis; Instrumen Four-Tier Diagnostic Test
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous