Title Relevansi Karakter Tokoh Cerpen Majalah Bobo Bahan pembelajaran Apresiasi Sastra Anak
Edition
Call Number 372.6 Luh r
ISBN/ISSN
Author(s) Luhur, Rina Tupon Pangudi. - Personal Name
Subject(s)
Classification 372.6
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Luhur, Rina Tupon Pangudi. 2018. Relevansi Karakter Tokoh Cerpen Majalah Bobo Bahan pembelajaran Apresiasi Sastra Anak: Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana.Universitas Jambi, Pembimbing: 1 Dr. Sudaryono, M.Pd. Pembimbing II Dr. Nazurty, M.Pd.

Kata-kata kunci : karakter tokoh, cerpen, Majalah Bobo.

Pembelajaran apresiasi sastra anak berkontribusi untuk membentuk karakter melalui menggambarkan karakter tokoh dalam cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter tokoh dan teknik penyampaianya dalam cerpen Majalah Bobo edisi Januari-Desember 2015, serta relevansinya dengan bahan pembelajaran apresiasi sastra anak. Jenis penelitian adalah analisis konten. Objek penelitiannya adalah nilai karakter yang terkandung dalam 12 cerpen Majalah Bobo. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan alat bantu kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan induksi komparasi, kategorisasi, tabulasi, dan pembuatan inferensi. Uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan serta reliabilitas keakuratan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1)Karakter dalam hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri atas rajin (membaca, mencatat, membersihkan kamar), introspeksi diri (mengoreksi diri, berniat lebih baik, menyesal, dan mengingat kesalahan), pantang menyerah (bertahan, tidak putus asa, mengatasi masalah, mencari jalan keluar, berusaha terus), kerja keras (bekerja tepat waktu), kesadaran (membantu orang tua, kesehatan, menabung, kebersihan, membaca, meminta maaf), mandiri (tidak bergantung pada orang, pergi sendiri), pemberani (menghadapi resiko), rasa ingin tahu (penasaran, bertanya, berfikir dalam hati), bertekad kuat (sungguh-sungguh, kemauan), berpikir kritis(mencari cara baru), tekun (konsisten), hemat (hati-hati membelanjakan uang jajan), optimis (tidak mengecewakan) dan berkomitmen (menepati janji). Karakter rasa ingin tahu, mendominasi 2) Karakter dalam hubungan manusia dengan sesama terdiri dari kasih sayang (perhatian, rindu, menjaga), toleransi (menghargai hak dan status sosial), rasa hormat (terima kasih dan memuji), simpati (kasihan, merasakan kesedihan), kepedulian(perhatian, bertanya, khawatir, nasehat, mengingatkan), patuh (tidak melanggar, bersedia, memenuhi perintah), suka menolong (membantu, memberi, meminjami), kerjasama (pembagian tugas, kompak, menghargai), suka memberi (berbagi), bergaya hidup sehat (peduli gizi, cuci tangan, bekal), santun (pamit, salaman, mempersilahkan tamu, senyum), kejujuran (menjawab dan mencatat apa adanya), bertanggung jawab (mengganti), pemaaf (memberi maaf), mudah bergaul (berteman tanpa memilih), dan bersahabat (saling mengerti). Karakter rasa hormat mendominasi. 3) Karakter dalam hubungan manusia dengan Tuhan hanya terdapat karakter ketakwaan (beribadah, berdoa, bersyukur). 4) Karakter dalam hubungan manusia dengan lingkungan alam cinta tanaman (memelihara dan menjaga tanaman). Teknik penyampaian karakter secara langsung berupa uraian pengarang dan melalui tokoh. Teknik penyampaian melalui tokoh mendominasi. Teknik penyampaian tidak langsung hanya melalui peristiwa yang terdapat pada cerpen, teknik ini mendominasi.

Berdasarkan hasil penelitian, cerpen anak pada Majalah Bobo relevan untuk dijadikan bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra anak, karena memenuhi kriteria bahan ajar dan mengandung banyak nilai karakter. Guru dapat menggunakan cerpen anak Majalah Bobo sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra anak.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous