Title Pengembangan E-penuntun Praktikum IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Berbasis Guided Inquiry Untuk Siswa Kelas VII SMP
Edition
Call Number 370.72 Okt p
ISBN/ISSN
Author(s) REZA OKTAVIANI - Personal Name
Subject(s)
Classification 370.72
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Oktaviani, R. 2019. Pengembangan E-penuntun Praktikum IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Berbasis Guided Inquiry Untuk Siswa kelas VII SMP. Tesis. Program Megister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. Damris M., M.Sc., Ph.D. Pembimbing II. Dr. rer.nat. Muhaimin, M.Si.
Media merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di dalam suatu pembelajaran, tanpa media hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Oleh karenanya, guru harus mampu membuat dan memanfaatkan media dalam setiap proses pembelajaran. Tujan penelitian ini adalah mengembangkan e-penuntun praktikum IPA materi klasifikasi makhluk hidup berbasis guided inquiry untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data proses pengembangan dihimpun menggunakan angket validasi ahli desain, ahli materi, persepsi guru dan persepsi siswa terhadap e-penuntun praktikum. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Hasil penelitian dapat dilihat dari validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 85,33% dengan kategori sangat valid sedangkan penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 86,67% dengan kategori sangat valid. Penilaian oleh guru memperoleh persentase 80% dengan kategori baik. Sedangkan pada uji coba satu-satu diperoleh skor total 86% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase 85,67% dengan kategori sangat baik. Sedangkan uji coba kelompok besar di SMP N 2 Jujuhan memperoleh persentase 86,04% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar di SMP N 1 Jujuhan memperoleh skor 85,33% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: guided inquiry, klasifikasi, mahkluk hidup, praktikum, penuntun
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous