Title Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Informasi Promosi Barang dan Jasa Yang Menyesatkan
Edition
Call Number 343.07 San p
ISBN/ISSN
Author(s) Mulia Akbar Santoso - Personal Name
Subject(s)
Classification 343.07
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes

Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk menganalisis dan mengkritisi bagaimana pengaturan perlindungan konsumen terhadap promosi barang menyesatkan yang dilakukan pelaku usaha, dan juga untuk mengetahui dan menganalisis siapakah pelaku usaha yang dapat dituntut pertanggungjawaban terhadap promosi menyesatkan yang merugikan konsumen. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya, yaitu: Bagaimana pengaturan perlindungan konsumen terhadap promosi barang menyesatkan yang dilakukan pelaku usaha?, dan Apakah pelaku usaha dapat dituntut pertanggungjawaban terhadap promosi menyesatkan yang merugikan konsumen?. Untuk menganalisis tujuan dari penelitian tesis ini maka metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengaturan tentang promosi di Indonesia masih memiliki kekurangan, sebab pengaturan tentang promosi yang masih terdapat kekaburan sehingga mengakibatkan sulitnya bagi konsumen untuk meminta pertanggungjawaban terhadap kerugian akibat promosi yang menyesatkan. Pertanggungjawaban pelaku usaha mengenai promosi menyesatkan telah diatur dalam UUPK. Konsumen dapat melakukan penuntutan pertanggungjawaban kepada pelaku usaha yang mempromosikan produknya dengan informasi yang menyesatkan baik dari segi hukum pidana, perdata maupun administrasi. Setelah masalah tersebut diteliti kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa, memang promosi di Indonesia belum diatur secara tegas dan jelas ke dalam satu Undang-Undang, namun dalam beberapa peraturan perundang-undangan terdapat pasal-pasal yang mengatur tentang promosi, banyaknya peraturan yang mengatur tentang satu permasalahan ini membuat sering ditemukan norma-norma yang dapat dikatan kabur karena tidak konsisten pengaturannya terhadap suatu permasalahan, hingga pengaturan yang sulit untuk dilaksanakan karena terdapat kekabuaran dalam pengaturan tersebut. Oleh karena itu, sebagai rekomendasi dari penelitian ini antara lain adalah sudah saatnya pengaturan mengenai promosi suatu produk di Indonesia khususnya UUPK diatur lebih tegas dan jelas dengan merevisi serta memasukan poin-poin penting mengenai operasional promosi, sehingga dapat melindungi hak-hak konsumen atas informasi suatuproduk.


Kata kunci: Perlindungan Hukum, Promosi, Informasi Menyesatkan.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous