Title Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikai Diri Terhadap Motivasi Berwirausaha Serta Dampaknya Terhdap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi
Edition
Call Number 338.04 Pra p
ISBN/ISSN
Author(s) Suci Pratiwi - Personal Name
Subject(s)
Classification 338.04
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Suci Pratiwi, 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikai Diri Terhadap Motivasi Berwirausaha Serta Dampaknya Terhdap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Farida Kohar, M.P, Pembimbing (II) Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd., ME.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, Motivasi Berwirausaha, dan Intensi Berwirauasah.

Tingginya angka pengangguran ini, telah menuntut berbagai pihak termasuk pemerintah berupaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat, dalam mengubah mindset para pemuda yang selama ini hanya berminat sebagai pencari kerja (job seeker) apabila kelak telah menyelesaikan kuliah mereka. Salah satunya yaitu melalui pendidikan kewirausahaan yang diterapkan di sekolah maupun perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang berstatus sarjana yang dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. Melalui pendidikan kewirausahaan diharapkan memberikan bekal ilmu dan keahlian usaha kepada lulusan perguruan tinggi.

Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha; 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha; 4) Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha; 5) Untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha; 6) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi berwirausaha; dan 7) Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi berwirausaha.

Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelas (eksplanatory research) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan masing-masing variable melalui pengujian hipotesis. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analisys) yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. for windows yang digunakan dalam pengembangan model dan pengujian hipotesis. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan tahun tahun 2016 dan 2017 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 236 mahasiswa.

Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: 1) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi berwirausaha sebesar 0,826; 2) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha sebesar 0,645; 3) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,823; 4) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,660; 5) terdapat pengaruh motivasi berwirausaha terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,871; 6) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi berwirausaha dengan koefisien mediasi sebesar 0,719446; dan 7) terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi berwirausaha dengan koefisien mediasi sebesar 0,561795.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous