Title Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Mendongeng dengan Media Wayang Kertas Pada Siswa Kelas III SD N 28/IV Kota Jambi
Edition
Call Number 372.6 Pra p
ISBN/ISSN
Author(s) Prashinta, Rahayu - Personal Name
Subject(s)
Classification 372.6
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Prashinta, Rahayu 2020. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Mendongeng dengan Media Wayang Kertas Pada Siswa Kelas III SD N 28/IV Kota Jambi. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pascasarjana. Universitas Jambi. Pembimbig (1) Dr. KAMARUDIN, M.Pd. (2) Dr. NAZURTY, M. Pd.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Siswa, Metode Mendongeng, Wayang Kertas.

Penerapan metode pembelajaran dapat membuat hal yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit dan membuat tujuan pembelajaran tersampaikan dengan baik serta dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas rendah sehingga dikemudian hari siswa akan terbiasa berbicara menyampaikan pendapatnya dengan baik dan benar. Salah satunya dengan menggunakan metode mendongeng dengan menggunakan wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Namun, hal ini belum sepenuhnya digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode mendongeng dengan wayang kertas dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara siswa di kelas III SD N 28/ IV Kota Jambi dan mengetahui hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode mendongeng dengan media wayang kertas pada siswa kelas III SD N 28/IV Kota Jambi.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 28/ IV Kota Jambi yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi empat tahap, yaitu: (1) perencanaan (2) Tindakan (3) observasi (4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyatakan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara siswa melalui metode mendongeng dengan media wayang kertas. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor nilai rata-rata pra siklus 58,16%. Pada siklus I meningkat menjadi 73,99% dan mengalami peningkatan paling tinggi 88,07% pada siklus II. Selain itu, penelitian ini menyatakan adanya peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa melalui metode mendongeng dengan media wayang kertas. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa yang meningkat, yaitu pada siklus I 20% dan meningkat pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan menjadi 100%.

Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng dengan media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan metode mendongeng dengan media wayang kertas, bahkan dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak kelas III sekolah dasar.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous