Title Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Chemo-Entrepreneirship (CEP) dan Hubungannya dengan Life Skill Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid
Edition
Call Number 540 Ish p
ISBN/ISSN
Author(s) Putri Mutiara Ishak - Personal Name
Subject(s)
Classification 540
Series Title
GMD Thesis
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes Ishak Putri M. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Chemo-Entrepreneurship dan Hubungannya dengan Life Skill Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid:

Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Harizon, M.Si (II) Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si.

Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Chemo-Entrepreneurship (CEP), Life Skill

Dalam pembelajaran kimia menekankan pada keterkaitan materi yang dipelajari dengan masalah-masalah yang ada di kehidupan nyata. Belajar pada dasarnya merupakan proses bermakna untuk mencapai kompetensi atau kecakapan hidup (life skill). Dengan penggunaan pendekatan CEP pada model pembelajaran PjBL diharapkan siswa dapat lebih meningkatkan life skill terutama pada aspek vokasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana life skill siswa setelah dipergunakannya model pembelajaran PjBL terintegrasi CEP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengambilan data penelitian menggunakan instrumen antara lain, LKPD berbasis proyek terintegrasi CEP yang digunakan sebagai panduaan praktikum sekaligus acuan dalam penilaian praktikum, lembar observasi keterlaksanaan model untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan untuk membelajarkan siswa, lembar observasi life skill yang digunakan dalam penilaian life skill secara langsung saat pembelajaran berlangsung, serta angket respon siswa yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan pengembangan life skill siswa dalam pembelajaran menggunakan model PjBL terintegrasi CEP. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian life skill siswa melalui model PjBL terintegrasiCEP pada materi koloid, bahwa model yang digunakan dapat membantu siswa dalam mengembangankan life skill dalam aspek kecakapan vokasionalnya, sehingga siswa memiliki jika berwirausaha.Hal ini terlihat dari persentase kecakapan vokasional siswa yakni 74.89%, dimana daya saing siswa dalam penjualan dan etos kerja yang dimiliki oleh siswa dapat dikategorikan sangat baik yakni 80.27% dan 82.45%.Life skill generik siswa tergolong baik dengan persentase 77.18% dan life skill spesifik siswa tergolong baik dengan persentase 73.94%.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous