Title PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia, Industri Barang Konsumsi, dan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015– 2017)
Edition
Call Number 650.1 Cha p
ISBN/ISSN
Author(s) REGA CHAIRUNNISYA - Personal Name
Subject(s)
Classification 650.1
Series Title
GMD Thesis
Language Indonesia
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectual Capital terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Industri Dasar dan Kimia, Industri Barang Konsumsi, dan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2017. Pemilihan variabel di dalam penelitian ini didasarkan pada hasil jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil yang inkonsisten terhadap faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Pengukuran variabel Corporate Social Responsibility dalam penelitian ini mengacu pada Global Reporting Initiative (GRI) Standar yang terdiri dari 136 item pengungkapan yang disajikan dalam laporan tahunan perusahaan. Pengukuran variabel Intellectual Capital dalam penelitian ini diukur dengan VAIC™. Pengukuran nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Tobins’Q. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Industri Dasar dan Kimia, Industri Barang Konsumsi, dan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2018 yang menerbitkan laporan tahunan periode 2015 – 2017. Proses pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous