Title HUBUNGAN MANAJEMEN P1ERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI DARI GURU DENGAN MINAT BACA SISWA DI SMA N 1 MUARO JAMBI
Edition
Call Number 023 Pra h
ISBN/ISSN
Author(s) ANGGI PRATIWI - Personal Name
Subject(s)
Classification 023
Series Title
GMD Thesis
Language
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes Pratiwi, Anggi. 2020. Hubungan Manajemen Perpustakaan dan Motivasi dari Guru dengan Minat Baca Siswa Kelas X di SMA N 1 Muaro Jambi.

Program Studi Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. KA. Rahman, M.Pd.I dan Pembimbing (II) Urip Sulistiyo, Ph.D.

Minat baca adalah keinginan dan perhatian seseorang yang disertai usaha dan rasa senang untuk membaca. Yang dimaksud minat membaca dalam penelitian ini adalah tolak ukur keinginan membaca dari seorang peserta didik dalam kesehariannya yang dapat dibuktikan melalui intensitas membaca buku, surat kabar, maupun majalah setiap hari. Mendorong bangkitnya minat baca dipengaruhi oleh banyak faktor seperti rasa ingin tahu yang tinggi, keadaan lingkungan fisik yang memadai, keadaan lingkungan sosial yang kondusif, haus informasi, dan prinsip membaca merupakan suatu kebutuhan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen perpustaakaan, motivasi dari guru dan minat baca, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara manajemen perpustakaan dengan minat baca siswa, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi dari guru dengan minat baca, umtuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Manajemen perpustakaan dan motivasi dari guru terhadap minat baca siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain survey. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen angket dengan cara memberikan seperangkat pertanyaaan tertulis kepada responden untuk di jawab. Tahapan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Manajemen perpustakaan termasuk kategori Cukup baik, motivasi guru juga termasuk cukup baik namun minat baca siswa termasuk kategori kurang berminat. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen perpustakaan dengan minat membaca. Ini mengandung arti tinggi rendahnya minat baca siswa ada kaitannya dengan pelaksanaan manajemen perpustakaan. Terdapat hubungan positif antara motivasi guru dengan minat baca Ini mengandung arti bahwa tinggi rendahnya minat baca ada kaitannya dengan kegiatan motivasi guru dikelas. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen perpustakaan dan motivasi guru dengan minat membaca. Ini mengandung arti tinggi rendahnya minat baca siswa ada kaitannya dengan pelaksanaan manajemen perpustakaan dan pemberian motivasi guru didalam kelas.

Kata Kunci : Manajemen Perpustakaan, Motivasi, Minat Baca
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous