Title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SMK DI TANJUNG JABUNG BARAT
Edition
Call Number 370.7 Yul p
ISBN/ISSN
Author(s) TITIK YULIATININGSIH - Personal Name
Subject(s)
Classification 370.7
Series Title
GMD Thesis
Language
Publisher Universitas Jambi
Publishing Year 2020
Publishing Place Jambi
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Yuliatiningsih,Titik. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Membaca Berbasis Survey Question Read Recite dan Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa SMK Di Tanjung Jabung Barat: Tesis, Program Pascasarjana Magiser Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, MPBSI Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Hary Soedarto Harjono, M.Pd., (II) Dr. Herman Budiyono, M.Pd.

Kata kunci: Metode SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan minat baca siswa dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 5 Tanjung Jabung Barat melalui metode pembelajaran membaca berbasis Survey Qestion Read Recite dan Review (SQ3R) dalam membaca pemahaman.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 5 Tanjung Jabung Barat sebanyak 33 siswa. Sumber data yang digunakan: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3) data atau dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) observasi/pengamatan, (2) wawancara, dan (3) penilaian tes dan non tes. Uji Validasi data yang digunakan yaitu : (1) trianggulasi data, (2) trianggulasi metode, (3) trianggulasi teori, dan (4) review informan. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) indentifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interprestasi, dan (4) analisis dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukan indikator keberhasilan tindakan yang ditentukan dari tiga (3) siklus penelitian yaitu hasil belajar peserta didik terdapat peningkatan minat baca siswa kelas X Jurusan Teknk Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 5 Tanjung Jabung Barat melalui penerapan metode pembelajaran membaca berbasis SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman, peningkatan nilai rata-rata hasil angket minat membaca siswa siklus I 54,45%, kemudian pada siklus II 55,21%, dan pada siklus III sebanyak 69,75%.Selain minat baca, penerapan metode Pembelajaran berbasis SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, nilai rata-rata nya juga mengalami peningkatan, yaitu 55,76 pada siklus I, 68,49 pada siklus II dan 72,27 pada siklus III.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous